Sunday 11 December 2016

Inilah 6 Hal yang Wajib Diperhatikan dalam Memilih Jurusan Kuliah!

        Jurusan atau bisa disebut dengan Program Studi (prodi) adalah salah satu hal yang menentukan ketika anda akan masuk universitas. Sering kali calon mahasiswa kebingungan akan jurusan yang akan dipilih nantinya. Tidak jarang bahkan mereka sampai salah pilih jurusan akibat pemilihan yang tergesa-gesa.
Cara memilih jurusan Kuliah yang tepat

anda perlu mengetahui cara memilih jurusan kuliah yang tepat. karena dalam memilih jurusan di uiversitas bukanlah hal yang mudah seperti kita memilih jurusan pada angkot. Memilih jurusan tidak dapat diselesaikan dalam 1-2 minggu. Memilih jurusan bukan perkara cap-cip-cup “ahh aku pilih jurusan X”. untuk mendapatkan hasil yang sesuai maka anda harus mempersiapkannya lebih matang sehingga anda tidak perlu melakukan tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah.

Memilih secara tergesa-gesa tanpa memperhitungkan segala aspek akan berakibat fatal, karena salah memilih jurusan kuliah akan berdampak besar pada masa depan anda. Namun jangan khawatir, yang kita perlukan hanyalah mengatur strategi yang tepat dalam memilih jurusan. salah satunya dengan memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian dan sesuai potensi

Sebelum membahas lebih jauh, setidaknya kalian harus tahu terlebih dahulu, aturan-aturan teknik dalam pemilihan jurusan di SBMPTN. Berikut uraiannya :

Peserta dapat memilih program studi sebanyak-banyaknya 3 (tiga) program studi. Peserta ujian yang hanya memilih 1 (satu) program studi dapat memilih program studi di PTN manapun.
Peserta ujian yang memilih 2 (dua) program studi atau lebih, salah satu pilihan program studi tersebut harus di PTN yang berada dalam satu wilayah dengan tempat peserta mengikuti ujian. Pilihan program studi yang lain dapat di PTN di luar wilayah tempat peserta mengikuti ujian.

Setelah anda mengetahui aturan teknik dalam pemilihan jurusan pada SBMPTN 2017. Selanjutnya kami akan membongkar bagaimana strategi memilih jurusan pada SBMPTN 2017 ini, agar tidak salah memilih jurusan dan tidak berakibat fatal kedepannya. Sebenarnya artikel ini tidak hanya untuk SBMPTN namun ini diperuntukkan bagi semua calon mahasiswa. 

cara tepat memilih jurusan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri:



1. Sesuaikan dengan cita-cita anda


Memang sebaiknya sebelum menentukan jurusa maka lebih baik anda harus menentukan ingin menjadi apa nanti ketika sudah selesai kuliah. Carilah cita-cita yang sesuai dengan kemampuan anda. Ketika anda sudah mendapatkan cita-cita maka anda dapat memilih jurusan yang sesuai dengan cita cita anda.

Meskipun sebenarnya juga banyak yang masih bingung tentang cita-cita yang akan digapai. Cenderung semakin meningkatnya tingkat pendidikan kita malah cita-cita kita semakin tidak jelas. Saya dulu ketika sd ingin menjadi astronot supaya bisa pergi ke bulan bersama NASA. Siapapun yang bertanya maka dengan lantang saya menjawab seperti itu.

Ketika smp dan sma saya bingung ketika ditanya cita-cita oleh guru disekolah. Jadi menurut saya cita-cita yang menyenangkan itu adalah hobi yang dibayar. Misalnya anda suka bermain game jadilah gamer internasional.


2. Sesuaikan dengan Minat dan Bakat


Dalam memilih jurusan kuliah, jangan pernah anda memilih jurusan itu karena teman anda atau karena orangtua anda. Pilihlah jurusan yang sesuai dengan minat dan bakat anda, agar anda dapat lebih mudah mengikuti perkuliahan yang ada.

Minat dan bakat adalah 2 hal yang serupa tapi tak sama. Beruntunglah kalian yang memiliki bakat dan sudah mengetahui bakatnya. Karena bakat itu jika dikembangkan maka sungguh potensial bagi anda untuk mendapatkan tujuan yang anda inginkan.
Namun jika anda tidak memiliki bakat maka jangan khawatir, minat anda dapat menjadi kemauan yang kuat dalam menentukan tujuan anda kedepannya.


3. Informasi yang Tepat


Carilah informasi jurusan kuliah yang akurat sebanyak mungkin dari jurusan kuliah yang anda pilih, agar anda bisa menjadikan informasi akurat sebagai bahan pertimbangan anda untuk memilih jurusan. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menkamisai informasi tentang jurusan kuliah yang akan diambil, jangan juga anda memilih jurusan kuliah karena ikut-ikutan teman.

Informasi ini bisa anda dapatkan melalui media internet, namun jika anda tidak dapat mencarinya di internet maka berkonsultasilah dengan guru BK. Hal itu lebih baik karena guru BK memiliki pengalaman dalam bidang ini.
Guru BK akan membantu kalian mendapatkan informasi yang kalian inginkan seperti data alumni yang di terima SNMPTN atau membantu anda dalam menentukan urutan pilihan jurusan pada universitas dan beberapa informasi lain yang menunjang anda.



4. Perhitungkan Biaya


Mengapa andakasi dan biaya harus anda pertimbangkan? Karena hal ini akan menjadi acuan untuk anda yang perekonomiannya terbatas. Pilihlah kampus yang dekat dengan rumah dan jurusan dengan biaya minim, atau anda bisa memilih andakasi luar kota yang memiliki biaya hidup yang rendah. Pilih juga tempat kuliah yang biaya pendidikan tidak terlalu tinggi.

Jangan samapai anda menyusahkan orang tua anda untuk jurusan yang anda pilih nantinya. Hal ini akan lebih baik jika anda dapat bekerja paruh waktu untuk memenuhi kebutuhan anda sendiri. Mengingat biaya kuliah saat ini yang mahal.
Tapi setiap masalah pasti ada solusinya. Solusinya yaitu anda harus mendapatkan beasiswa di tahun kedua untuk meringankan beban kedua orang tua anda.

Baca juga : cara mendapatkan beasiswa kuliah


5. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima


Dalam memilih jurusan kuliah yang tepat jangan lupa perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit, karena biasanya jurusan favorit akan memiliki daya saing yang sangat banyak. Jangan membebani diri anda dengan target berkuliah di jurusan favorit tertentu.

Buat banyak pilihan tempat kuliah beserta jurusannya. Ukur kemampuan untuk melihat sejauh mana peluang menempati suatu jurusan di tempat favorit yang anda pilih. Jika anda sudah bisa memastikannya, pilihlah jurusan yang sesuai dengan kemampuan anda.


6. Masa Depan Karir dan Pekerjaan


Mengapa peru memperhatikan prospek dan masa depan ketika kita mengambil suatu jurusan kuliah? Ini berfungsi untuk melihat bagaimana prospek pekerjaan anda setelah lulus nanti. Pilihlah jurusan yang memiliki prospek peluang kerja lebih besar kedepannya, agar setelah lulus anda bisa langsung bekerja. carilah kuliah jurusan apa yang menjamin masa depan.

Bisa dibayangkankan ketika saat kuliah sudah berusaha, membayar mahal tapi ketika lulus malah tidak dapat pekerjaan. Semoga hal itu tidak terjadi pada kita. Untuk mengatasinya maka perlu untuk memilih jurusan yang memiliki peluang kerja yang tinggi.

Jadi kesimpulannya menentukan jurusan membutuhkan persiapan dan pemikiran yang matang. Penentuan secara tergesa-gesa dapat berakibat fatal bagi anda untuk kedepannya. Jadi anda perlu mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sangat tidak disarankan anda memilih jurusan ketika 1-2 minggu akan di selenggarakannya SBMPTN atau SNMPTN

Cukup sekian artikel tentang cara memilih jurusan kuliah yang te, mungkin hanya ini yang dapat kami sampaikan. Jika menurut anda artikel ini bermanfaat maka anda dapat share, +1 atau tinggalkan komentar yang baik. Agar berguna untuk dapat membantu sesame. Karena 1 share dari anda sangat berarti  bagi saya. Terma kasih!

Salam sukses!!