Friday 7 July 2017

Pembahasan FISIKA Erlangga Kinematika dengan Analisis Vektor Part 3

Soal dan pembahasan kinematika dengan analisis vektor
Pembahasan tentang contoh soal kinematika dan penyelesaiannya ini adalah kelanjutan dari halaman sebelumnya. mimin sengaja membahas buku ini karena banyak yang request buku erlangga fisika karangan marthen kanginan ini. 


contoh soal fisika kelas xi tentang kinematika dengan analisis vektor pada buku ini sangat bagus, dapat melatih kreatifitas dalam mengerjakan soal-soal yang penuh dengan tantangan. jika temen-temen belum lihat halaman sebelumnya bisa klik dibawah





Soal No. 17
Sebuah bola dilempar horizontal dari puncak sebuah menara yang tingginya h meter. bola menumbuk tanah pada sebuah titik sejauh x meter dari kaki menara. jika gravitasi adalajh g dan sudut yang dibentuk oleh vektor kecepatan terhadap arah horizontal tepat sesaat sebelum bola menumbuk tanah adalah θ maka tan θ = . . .


A. (2h/x)

B. (h/2x)
C. 2x/h
D. h/2x

E. 2h/x


Pembahasan



tan θ= Vy / Vx 

=Vo + gt / Vx
=0 + gt / Vx
=gt / vx ..... (*)


x = V cos θ t

y = V sin θ t


h=Voy t + 1/2 gt^2

h=0 + 1/2 gt^2
h=1/2 gt^2
2h/t =gt substitusikan ke (*)


tan θ= gt / Vx

=(2h / t)  / Vx
= masing-masing dikali dengan t
=(2h / t).t / V cos θ  
= 2h / x  


Soal No. 18

Gambar dibawah ini menunjukkan sebuah bola yang ditendang dari sebuah panggung yang tingginya 1,2 m pada kelajuan awal 10 m/s dan sudut elevasi θ = 30° terhadap terhadap horizontal
Jarak mendatar yang l yang ditempuh bola ketika bola itu mengenai tanah adalah . . .


A. 6,8

B. 7,5
C. 9
D. 10,2
E. 11,4


Pembahasan



Soal No.19

Sebuah peluru ditembakkan dengan arah horizontal pada kecepatan awal v dan dari ketinggian h dari perjmukaan tanah, jika gesekan udara diabaikan, jarak horizontal yang ditempuh peluru bergantung pada . . .


(1) Kecepatan awal v

(2) ketinggian h
(3) percepatan gravitasi
(4) massa peluru


pernyataan yang benar adalah . . .



A. 1,2,3

B. 1,3
C. 2,4
D. 4
E 1,2,3,4


Pembahasan



Pada bab kinematika besaran-besaran massa tidak berpengaru pada gerak benda. maka jawaban yang benar adalah 1,2,3



Soal No. 20

Diagram disamping menunjukkan lintasan sebuah proyektil yang ditembakkan dengan kecepatan horizontal v dari atap gedung setinggi h. harga-harga untuk v dan h berikut yang akan menghasilkan θ terbesar adalah. . . 
A. v=10m/s, h=30 m
B. v=10m/s, h=50 m
C. v=30m/s, h=30 m
D. v=30m/s. h=50 m
E. v=50m/s, h=10 m


Pembahasan

Soal No. 21
Seorang pemain ski melompat dengan sudut 37° dan laju Vo= 10 m/s, kemudian ia mendarat dan menempuh jarak sejauh d pada bidang miring. jika sudut jkemiringan bidang 37°, maka jarak d yang ditempuh adalah
(asumsikan g=10 m/s^2 dan sin 37 = 0,6)
A. 24 m
B. 20 m
C. 16 m
D. 12 m
E. 8 m

Pembahasan
mimin gak nemu nih jawabannya, padahal udah ngikutin cara di halaman 51. soalnya persis hanya beda sudut bidang miring aja.

Soal No. 22
Sebuah bola dilempar beberapa kali dengan kelajuan sama tetapi dengan sudut elevasi yang berbeda. grafik berikut menunjukkan dengan tepat variasi jarak jangkauan R dengan sudut elevasi θ adalah . .
Pembahasan
Jawbannya d
karena kecepatannya sama jarak jangkauan horizontal bergantung pada sudut elelvasi.

i) saat = 30 maka
Vox = Vo cos 30
=Vo 1/2 akar 3

Voy = Vo sin 3o
= Vo 1/2

coba hitung pada sudut 60 maka akan terjadi sebaliknya.

Soal No. 23
Sebuah bola dilemparkan dengan sudut elevasi θ . jika gesekan udara diabaikan maka nilai perbandingan antara ketinggian maksimum dan jarak terjauh mendatar yang dicapai prluru adalah . . .

A. 1/8 tan θ
B. 1/4 tan θ
C. 1/2 tan θ
D.  tan θ
E. 2 tan θ

Pembahasan

Soal No. 24
Sebuah partikel yang mengalami gerak parabola, posisinya saat t ditentukan oleh koordinat (x,y) dengan x = 6t dan y = 12t - 5t^2. x, y, dalam m. t dalam s. jika sudut elevasi pelemparan adalah θ maka nilai tan θ adalah . . .

A. 1/2
B. 1/3
C. 2/ akar 5
D. 1/4
E. 1

Pembahasan
Gak ada jawabannya nih yang ini

Sekian ya tentang pembahasan fisika erlangga materi kinematika dengan analisis vektor. semoga dapat membantu teman-teman semua. jangan lupa coment jika ada yang salah akan mimin benarkan. share juga ke temen-temen yang lain. terimakasih