Friday 16 December 2016

Cara Belajar Yang Efektif dan Efisien Untuk Meningkatkan Prestasi

Tips Belajar Yang Efektif dan Efisien

cara belajar yang efektif dan efisien

menurut anda apakah pengertian cara belajar efektif itu?bagaimana cara belajar yang efektif dan efisien? Tentu beberapa dari anda memiliki jawabannya. Belajar yang efektif yaitu belajar yang dapat meningkatkan prestasi anda. Belajar efektif bertujuan agar nilai anda menjadi baik.

Jika anda kesulitan dalam belajar maka anda datang pada tempat yang tepat. Kali ini primalangga akan membahas tentang tips dan trick belajar yang dapat memberikan hasil baik dalam jangka panjang dan pendek serta tidak membuang uang anda. Karena tips disini semuanya dapat anda praktikan secara Cuma-Cuma diantaranya:

1. Berdoa sebelum dan sesudah belajar,

Ya memang apapun yang akan kita lakukan haruslah diawali dengan berdoa, agar tuhan memudahkan segala sesuatunya. Sama seperti belajar, untuk mengawali dan mengakhiri belajar anda maka sempatkanlah berdoa terlebih dahulu. Karena kita sebagai manusia sangat terbatas.

Berdoalah agar apa yang anda pelajari dapat terus anda ingat dan berguna dalam kehidupan anda. Dalam artian anda dapat memanfaatkan apa yang telah anda pelajari dalam kehidupan sehari-hari agar menjadi lebih berguna nantinya.

2. Tentukan tujuan belajar,

Ketika saya bertanya, untuk apa anda belajar? Pasti anda memiliki jawaban masing-masing dari pertanyaan saya. Semua jawaban anda pasti benar karena anda memiliki tujuan yang berbeda-beda. Lalu apa pentingnya memiliki tujuan belajar?Memiliki tujuan dalam belajar sangatlah penting.

Dengan begitu anda dapat mengetahui hal apa yang harus anda pelajari selanjutnya. Hal ini tentu akan membuat anda semakin efisien dalam belajar karena anda tidak harus mempelajari semuanya. Tapi jika anda berniat untuk menjadi peringkat pararel maka anda harus mahir pada tiap mata pelajaran agar memiliki akumulasi nilai yang tinggi.

3. Pelajari tujuan yang anda buat

Hal ini berkaitan erat pada poin nomor 2. Ketika anda belajar dengan tujuan kelak ingin menjadi dokter maka apa yang harus anda pelajari sekarang? Yaa benar tentu jawabannya adalah Biologi. Apakah sudah paham mengapa tujuan belajar itu penting. Karena dengan begitu anda dapat lebih fokus pada pelajaran yang kelak akan menjadi masa depan anda.

Tetapi bukan berarti anda harus mengesampingkan pelajaran yang lain. Cukuplah anda paham dengan pelajaran yang ada dan dapatkan nilai yang bagus saat ujian karena itu akan menjadi nilai pada rapor anda. Setelah itu bagaimana? Terserah anda bagaimana selanjutnya yang terpenting anda sudah mendapat nilai bagus di rapor karena nantinya itu akan menjadi modal anda masuk SNMPTN untuk masuk PTN favorit anda.


4. Buatlah Jadwal Belajar Rasional

Sediakan kertas selotip dan pulpen kemudian susunlah waktu belajar anda. Sekedar saran dari saya belajar jangan terlalu lama. Meski sebentar tapi continue dari pada lama malah membuat anda semakin tidak fokus.

Pelajarilah apa yang akan menjadi pelajaran besok. Buatlah tiap pelajaran selama 45 menit kemudian istirahat 10 menit lalu lanjutkan pelajaran selanjutnya 45 menit berikutnya. Lakukan ini secara rutin agar anda terbiasa. Atau jika ingin tambahkan 45 menit lagi untuk pelajaran yang anda suka. Ingat yang terpenting bukanlah kuantitas tapi kontinuitas. Sehingga cara belajar yang efektif dan efisien benar-benar dapat anda terapkan dalam keseharian.

5. Istirahatl yang cukup

berikan rehat bagi diri kalian sendiri dari aktifitas belajar, misalnya setelah belajar selama satu jam istirahatlah selama 5 sampai 10 menit dengan kegiatan santai yang kalian sukai, sekedar minum atau jalan-jalan sebentar.

Usahakan sehabis pulang sekolah anda tidur 1 jam cukup untuk mengembalikan stamina anda. Sehingga anda dapat berkonsentrasi untuk belajar pada malam harinya. Biasanya anda akan merasa kantuk pada malam hari ketika akan belajar.

6. Berilah tanda belajar anda

tuliskan hal-hal penting dari yang dipelajari dari buku sumber belajar dalam buku catatan, buatlah ringkasan atau kata-kata kunci, kalau perlu buat jembatan keledai agar mudah diingat. Tandai bagian yang penting dari buku sumber dengan tanda-tanda yang menarik dan mudah dilihat, kalau buku itu milik sendiri bisa menggunakan stabilo atau pensil warna, kalau ingin buku tetap bersih bisa menggunakan potongan kertas warna-warni yang diselipkan di halaman buku yang diinginkan


7. Membuat suasana yang nyaman

Setiap orang memiliki cara tersendiri dalam menikmati masa belajar mereka. Ada yang suka belajar sambil mendengar lagu, anda yang bisa belajar dengan makan-makan dan sebagainya. Namun pada umumnya kebanyakan orang belajar pada kondisi sunyi. jika anda tidak tau cara belajar efektif disekolah maka anda harus dapat belajar efektif dirumah

Untuk itu aturlah ruangan anda senyaman mungkin gunakan kursi lembut agar duduk anda bisa menjadi rileks dan suasana belajar menjadi menyenangkan Atau jika anda suka mendengar lagu, buatlah lagu-lagu yang bisa membuat anda rileks sehingga anda bisa belajar dengan baik.

8. Jauhkan semua gangguan,

kalau tidak bisa, maka kalian yang harus menjauhinya, misalnya televisi, yang terbaik terkait dengan televisi ini adalah adanya kesepakatan seluruh anggota keluarga yaitu dengan tidak menghidupkan televisi pada jam-jam belajar

singkirkan ponsel anda untuk setidaknya 100 menit ketika anda belajar. Karena itu adalah batas efektif orang belajar pada umumnya. Jangan ganggu konsentrasi anda dengan hal yang tidak perlu, anda dapat mengambil ponsel anda kembali setelah selesai belajar nanti.

9. Kenali tipe belajar anda

kalau kamu suka belajar dengan simbol, gambar dan visualisasi maka belajarlah yang melibatkan hal-hal visual yang akan membuatmu tertarik, misalnya dengan memperhatikan gambar-gambar pada buku sumber kemudian menelaah penjelasannya, gunakan ilustrasi dan warna yang bervariasi dalam buku catatanmu agar selalu berminat untuk mempelarinya. Kalau kamu suka belajar dengan mendengarkan suara kamu bisa membaca sambil bersuara, atau sambil mendengarkan suara lain yang kamu sukai

karena setiap orang memiliki kemampuan berbeda dalam menangkap pelajaran seperti kemampuan kinestetik yaitu ia akan lebih paham ketika belajar sambil praktik dari pada hanya mendengar dan membaca. Ada juga kemampuan audiotori maka orang seperti ini lebih dapay menangkap pelajaran hanya dengan mendengar saja. Jadi anda tipe belajar yang bagaimana?

10. Perbanyak Membaca

Pernah mendengar membaca itu adalah jendela dunia? Itu bukanlah slogan main-main karena dengan membaca anda dapat mengetahui setiap informasi yang anda. Membaca tidak selalu terpaut pada buku pelajaran saja. Bacalah apa yang anda senangi misalnya ensiklopedia, majalah, novel dan bahan bacaan lainnya.



Mungkin hanya itu tips tentang cara belajar yang efektif dan efisien yang dapat dibahas diblog ini, jika anda memiliki tips yang lebih cocok tentu sangat bagus. Jangan lupa cantumkan pada kolom komentar jika anda memiliki tips lain agar tips diatas dapat diperbarui. Sekian dari kami terima kasih.